Instrumen Akreditasi SD dan MI

Pemberlakuan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan telah membawa konsekuensi tersendiri terhadap teknis penyelenggaraan Akreditasi Sekolah, dan salah satunya adalah berkaitan dengan instrumen yang digunakan. Mulai tahun 2009, untuk mengukur kelayakan SD/MI dalam kegiatan Akreditasi telah digunakan instrumen baru, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Mendiknas No. 11 Tahun 2009 tentang Krtiteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Dasar-Madrasah Ibtidaiyah.
Instrumen Akreditasi yang baru ini terdiri dari 157 item mencakup 8 komponen Standar Nasional Pendidikan (standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian).

Antara Pemikiran Kartini dan Tindakan Dewi Sartika


Hari ini kita peringati sebagai Hari Kartini, sebuah batu loncatan yang diakui sebagai “Pejuang Wanita Indonesia”. Semua itu didasarkan pada apa yang dilakukan Mr. J.H. Abendanon mengumpulkan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan R.A Kartini pada teman-temannya di Eropa. Abendanon saat itu menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda. Buku itu diberi judul Door Duisternis tot Licht yang arti harfiahnya “Dari Kegelapan Menuju Cahaya”. Pada surat-surat Kartini tertulis pemikiran-pemikirannya tentang kondisi sosial saat itu, terutama tentang kondisi perempuan pribumi. Sebagian besar surat-suratnya berisi keluhan dan gugatan khususnya menyangkut budaya di Jawa yang dipandang sebagai penghambat kemajuan perempuan. Dia ingin wanita memiliki kebebasan menuntut ilmu dan belajar. Kartini menulis ide dan cita-citanya, seperti tertulis: Zelf-ontwikkeling dan Zelf-onderricht, Zelf- vertrouwen dan Zelf-werkzaamheid dan juga Solidariteit.

Akulah sang Wonder Woman


hmm….cuma mau sedikit curhat aja, biar bisa sedikit lega. im just an ordinary girl. bener” biasa aja. jauh dari kata istimewa. tapi bukan berarti saya ga ingin merasa istimewa.
mungkin, perasaan saya salah. mungkin, cara saya berpikir salah. ya, saya akui saya banyak salah dan saya hanya berusaha membuat semuanya tampak benar -setidaknya- di mata saya.

khawatir itu salah ya? hmm, mungkin iya salah kalo berlebihan. iya saya berlebihan. tapi apa yang saya rasa itu susah sekali untuk dikendalikan. mungkin semua rasa itu sudah menjalar merasuki otak dan pembuluh darah saya. pokoknya, kalo udah khawatir, saya bisa sangat sakit kepala dan panas dingin, plus badan lemas.

 

©2013 the healing | by eppoh