18.12.11

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh Ibu Hamil

Menjaga kesehatan selama kehamilan sangatlah penting, karena apabila ibu sehat maka anak dalam kandungan pun akan ikut sehat pula. Hindari asap rokok dari orang yang merokok, karena sangat berbahaya bagi janin dalam kandungan anda. Makanlah makanan dengan komposisi yang seimbang yaitu yang mengandung protein (daging, susu, telur, kacang-kacangan), karbohidrat (nasi, mie, roti, kentang, dan lain-lain), serat, vitamin dan mineral (buah-buahan dan sayuran).

 
ibu hamil
Bila anda mengalami kelebihan berat badan (obesitas), dokter akan menyarankan anda untuk diet sehat. Jangan pernah berprinsip “makan untuk dua orang” tetapi anda harus mengkonsumsi protein 1 ½ lebih banyak dari orang normal. Minumlah yang banyak (6-8 gelas/hari), jangan minum-minuman yang mengandung alkohol. Bila ingin minum kopi atau teh, jangan melebihi 1 – 2 cangkir perhari. Konsumsilah susu yang dikhususkan untuk ibu hamil, kurangi lemak, gula, dan garam.

Olah raga ringan dapat membantu mempersiapkan otot pada waktu melahirkan nanti. Tapi pada usia kandungan 4 – 5 minggu lebih baik jangan melakukan olahraga terlebih dahulu. Banyak-banyaklah istirahat karena pada usia kandungan muda sangat rentan keguguran atau abortus. Beristirahatlah bila anda merasa lelah dan tinggikan tungkai anda di kursi. Usahakan anda tidur 8 – 10 jam setiap malam. Dan pada waktu siang hari, pergunakan waktu istirahat siang dengan sebaik-baiknya.


hamil2

Hubungan badan selama hamil masih aman dilakukan, sejauh tidak ada keluhan ataupun adanya pendarahan. Selama masa kehamilan, intensitas keringat akan meningkat dan dianjurkan untuk sering mandi supaya badan dingin dan segar. Jagalah liang senggama atau vagina anda terutama dalam 6 minggu terakhir karena jika kebersihannya tidak terjaga maka dapat menyebabkan infeksi rahim. Gunakan pakaian yang tepat dan pas sesuai dengan badan anda, gunakan pakaian senyaman mungkin. Gunakan pakaian yang cepat menyerap keringat. Gunakan sepatu yang bertumit rendah.

Banyak wanita hamil yang mengkewatirkan tentang rasa sakit yang harus dialami pada saat proses persalinan, bahkan sebagian dari mereka memilih operasi caesar hanya untuk menghindari rasa sakit. Padahal operasi dilakukan hanya untuk persalinan yang tidak normal. Bahkan ada yang melalui suntikan pada daerah tulang belakang untuk mematikan rasa sakit di daerah tubuh bagian bawah.

Namun tidak semua wanita memilih cara-cara seperti itu, banyak juga yang memilih persalinan secara normal oleh karena itu persiapan-persiapan secara fisik dan mental sangatlah diperlukan. Selain itu juga persiapan untuk menyusui juga sangat diperlukan. Persiapkan sedini mungkin sejak anda masih dalam keadaan hamil, karena anda memerlukan perawatan puting susu sebelum memulai menyusui. Susu eksklusif adalah yang terbaik yang diperlukan bayi anda selama 3 tahun pertama.

sumber : organisasi.org

1 comment:

Anonymous said...

Moreover, the loan can be acquired simply to US citizens pay day uk apply today now - sample letter cash advance request in
a hurry money loan approval simple, easy & secure.

Post a Comment

 

©2013 the healing | by eppoh