8.6.11

kesalahan yang harus dihindari dalam berumah tangga

Sebagai manusia biasa kita sering dihadapkan dalam berbagai bentuk persoalan dan kekhilafan yang bisa menyebabkan hubungan berumah tangga kita jadi lebih kurang harmonis.Namun terkadang banyak diantara mereka yang tidak menyadari akan kesalahan yang telah dilakukan sehingga terkadang justru bisa mengakibatkan pertengkaran hebat.Nah,belajar dari sini kita harus lebih memahami perasaan pasangan supaya hal-hal kecil yang mampu mengurangi keharmonisan bisa dihindari.Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam berumah tangga supaya kehidupan rumah tangga kita akan selal harmonis.


· Kurang menghormati pasangan

Anda dan pasangan sama-sama saling membutuhkan. Masing-masing juga harus tahu bahwa dirinya dihormati oleh pasangannya. Jadi berhentilah membicarakan keburukan pasangan Anda pada teman-teman kantor, karena hal tersebut menunjukkan bahwa Anda tidak menghormati pasangan Anda.

· Tidak mengindahkan pasangan

Perhatikan body language pasangan Anda saat berada di sisi Anda, karena dari situ Anda bisa membaca apa yang sedang ia inginkan. Jangan terlalu memfokuskan perhatian pada laptop, TV atau apapun yang sedang Anda lakukan sampai-sampai tidak memperhatikan keadaan sekitar.

· Kurang gairah

Waspadalah jika dalam kehidupan berumah tangga Anda merasakan kemesraan atau keintiman antara Anda dan pasangan jauh menurun. Jangan menunggu sampai pasangan Anda bertanya “mengapa kamu tidak tertarik pada seks lagi?” Cepatlah kunjungi penasehat pernikahan yang dapat membantu Anda dan pasangan menyelamatkan kehidupan rumah tangga Anda.

· Merasa selalu benar

Hindari sikap tidak mau mengalah terhadap pasangan, karena jarang ada orang yang mampu bertahan dalam mencintai pasangan yang selalu ingin menang sendiri dan tak bisa dibantah. Terimalah jika memang Anda melakukan suatu kesalahan dan jangan mengelak jika memang Anda harus meminta maaf atas kesalahan Anda tersebut.

· Terlalu banyak bicara

Orang yang cerewet bisa jadi akan sangat menjengkelkan. Jika terdapat sesuatu hal yang perlu dilakukan, lebih baik Anda tinggalkan daripada hanya berbicara tanpa melakukan apa-apa.

· Menyindir pasangan

Jangan langsung menyerang balik bila pada suatu waktu pasangan Anda menyindir dengan kata-kata yang membuat sakit hati, namun pikirkan dulu baik-baik dan dinginkan hati serta pikiran Anda. Mungkin saja pada saat itu perasaan pasangan Anda sedang sensitif dan tidak bisa diajak bercanda. Ajak dia berbicara baik-baik saat keadaan telah tenang, beri pengertian dan jangan balas menyindir karena hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah.

· Tidak jujur pada pasangan

Menyimpan rahasia dalam kehidupan rumah tangga seolah-olah menimbun bom waktu dan hanya akan membuat tembok pemisah antara Anda dan pasangan. Niatkanlah untuk membina rumah tangga dengan keinginan yang tulus dan melandasinya dengan kejujuran terhadap pasangan masing-masing.

· Mengesalkan

Jangan selalu mengkritik apa yang dilakukan oleh pasangan maupun terlalu mencampuri urusannya karena hal tersebut akan membuat pasangan Anda kesal. Walau awalnya berusaha untuk menerima, namun lama-lama kesabaran pun ada batasnya dan berpotensi membuat pasangan Anda “melirik” yang lain.

· Egois dan pelit pada pasangan

Berusahalah untuk seimbang. Jangan pelit dalam mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan pasangan Anda sementara Anda sendiri sering berbelanja dalam jumlah besar untuk membeli kebutuhan pribadi yang sebenarnya tidak terlalu penting. Jika Anda sering membeli barang-barang bermerek, jangan belikan pasangan Anda barang-barang kualitas kaki lima.

· Temperamental

Meskipun saat berselisih paham dengan pasangan Anda dapat memenangkannya dengan cara marah-marah, namun hal tersebut nantinya justru dapat membuat Anda kehilangan segalanya. Hadapilah setiap perselisihan dengan cara yang positif dan kepala dingin, agar Anda berdua dapat menemukan ‘win-win solution’ yang dapat menjaga kehidupan rumah tangga Anda tetap harmonis.

· Minta maaf tanpa merubah sikap

Sebuah kata maaf memang akan memberikan sebuah kesempatan lagi. Namun bila Anda terus melakukan kesalahan tanpa ada perbaikan sikap, kata maaf pun menjadi hambar dan tak berarti lagi. Hal tersebut juga akan membuat pasangan Anda tidak peduli lagi pada permintaan maaf Anda.

· Tidak berterimakasih

Meskipun sepele, namun kata-kata terima kasih merupakan suatu tanda bahwa Anda menghargai apa yang pasangan Anda lakukan. Jika hal tersebut tidak dilakukan, pasangan Anda akan merasa sakit hati dan tidak dihargai. Akibatnya, pasangan Anda bisa jadi merasa tidak perlu untuk memperhatikan Anda lagi.

ads google

No comments:

Post a Comment

 

©2013 the healing | by eppoh